Allah

468x60 ads

RAHMAT ARIES BLOG'S



Minat jadi Mapala? (Mahasiswa Paling Lama)

Ini gan beberapa penyebab mahasiswa kuliah menjadi lama:

1. Kuliah karena terpaksa
Spoiler for Kuliah karena terpaksa:
Melihat anaknya diwisuda adalah kebanggaan bgi stiap orang tua. Dr lubuk hati setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yg pintar dan sukses. Bahkan…. memaksa anaknya utk kuliahpun bisa saja mreka lakukan. Berawal dr sebuah keterpaksaan inilah maka ketika sudah menjadi mahasiswa dia enggan utk srius dlm kuliah apalagi pengen cepat2 diwisuda



2. Salah Jurusan
Spoiler for Salah Jurusan:
Kalah dalam persaingan SPMB/UM PTN/PTS yg memiliki jurusan2 favorit menyebabkan banyak mahasiswa memilih jurusan laen (yg tdk diminati) sebagai pelarian ketika tidak diterima. Tujuannya agar mreka tetap bisa kuliah meski jurusan itu bukan yg diminati.

3. Terlalu Menikmati kebebasan krn jauh dr ortu
Spoiler for Terlalu Menikmati kebebasan krn jauh dr ortu:
Anak Mami klo kita sering sebut, terkadang juga menjadi faktor kuliah lama. Rendahnya pengawasan dr orang tua (jauh dr ortu) terkadang kebebasan itu dimanfaatkan secara berlebihan. Kerjanya maen, pacaran, begadang tiap malam, nongkrong sana-sini dan laen2ny.

4. Sibuk mengikuti Organisasi kemahasiswaan ataupun Ormas
Spoiler for Sibuk mengikuti Organisasi kemahasiswaan ataupun Ormas:
Tingkat Intelegency Emotional (IE) yg lbh besar drpd IQ mendorong mhs lbh senang berorganisasi, bersosialisasi, bertukar pikiran dan melakukan kegiatan2 OK atau Ormas drpd belajar. Kesibukannya itu terkadang menghabis2kan uang, tenaga, pikiran dan juga waktu sehingga kuliah terabaikan dan bukan prioritas lagi.

5. Menekuni hoby secara berlebihan
Spoiler for Menekuni hoby secara berlebihan:
Soft Skill yang dimiliki mahasiswa mendorong untuk menjadi hobi. Hobi klo dilakukan secara wajar itu baek, tp klo berlebihan…… pasti mengganggu kegiatan laennya. Beberapa hobi seorang mahasiswa al: ngeGame, ngeBand, Billiard, Play Station, ngeNet, Futsal dll.

6. Bisa mendapatkan uang sendiri (kerja)
Spoiler for Bisa mendapatkan uang sendiri:
Kerja terkadang dibutuhkan bagi mahasiswa2 terutama yg kurang mampu ataupun untuk menambah uang saku. Tetapi tidak sedikit pula dari mreka yg terlena dengan pekerjaannya itu. Alasannya simple, Ujung akhir dr kuliah adalah mendpt gelar sarjana yg bisa digunakan sbg sarana utk mencari kerja sehingga menghasilkan uang. Klo kuliah aj udah bisa punya uang sendiri knp hrs buru2 lulus??? Makanya mreka lebih senang kerja daripada ngurusin kuliahnya.

7. Tidak adanya Jaminan Kerja setelah Lulus
Spoiler for Tidak adanya Jaminan Kerja setelah lulus baik dr pihak kampus atau Pemerintah:
Tidak adanya jaminan inilah yg paling banyak membuat mreka lbh milih lama kuliah drpd lama ngangur. Prinsipnya : Rizqi itu udah ada yang ngatur, n klo udah rejeki gk bakal kemana. So.. buat apa cepat2 lulus klo ujung2nya nganggur????Yang udah sarjana aj banyak yang nganggur kok.

0 komentar:

Poskan Komentar