Allah

468x60 ads

RAHMAT ARIES BLOG'S



April Mop Dari Bebagai Prespektif


Penulis : Rahmat Aries (Abu Dzakiy)


"Eh, barusan aku lewat depan rumahmu, kok ada bendera putih yah? orang tua mu meninggal?". ketika stetmen seperti ini terlontar, pasti setiap orang mengalami kekagetan yang luar biasa. Tentu, aliran darah kan mengalir deras bagaikan tumpahan air di air terjun niagara. Tapi, bagaimana jikalau lelucon.? pasti akan merasa jengkel dan marah. Beginilah satu hari diantara 366 hari, yang biasa dikenal April Mop. Sungguh aneh, peristiwa seperti ini masih sering diaplikasikan dan ironisnya, terjadi dikalangan notabene berpendidikan. Tulisan ini, akan membahas mengenai April Mop dari berbagai prespektif seperti kondisi kejiwaan, agama, dsb.

Sejarah April Mop 
Tanggal 1 April dikenal sebagai April Fools Day yang di Indonesia akrab sebagai April Mop. Bagaimana sejarahnya?April Mop, dikenal dengan April Fools' Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari ini, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap teman dan tetangga, dengan tujuan mempermalukan mereka-mereka yang mudah ditipu. Di beberapa negara, lelucon hanya boleh dilakukan sebelum siang hari. Hari ini juga banyak diperingati di internet.

Jika anda dengar teriakan ini pada tanggal 1 April, berarti ada satu orang lagi tertipu! Pada hari ini orang percaya bahwa sah-sah saja membohongi orang lain. Misalnya menelpon orang untuk datang kerja padahal itu hari liburnya atau menukar isi tempat gula dengan garam atau memajukan jam seseorang sehingga ia hadir di suatu acara lebih awal dan masih banyak lelucon klasik lainnya.
Media massa juga sering ikut memainkan lelucon pada hari yang oleh beberapa kalangan dianggap wajib untuk berbohong. Menurut snopes2.com, Lelucon sukses berhasil disebarkan sebuah stasiun radio di Canada, yang menyiarkan bahwa the Royal Canadian Mint, mencetak koin dua dolaran yang terbuat dari emas murni. Hebohlah pendengar mencarinya dalam kumpulan receh mereka. Sampai tangan pegel juga ngga bakal ketemu.
Salah satu kelakar yang sukses disiarkan media adalah yang pernah dilansir Panorama, acara TV BBC Inggris di tahun 1957. Penyiarnya mengatakan musim semi datang lebih awal tahun ini, dengan demikian panen spaghetti atau mi Itali itupun siap lebih awal. Laporan ini disertai video yang menggambarkan wanita petani yang sedang memanen spaghetti dari pohon. Tak lama setelah ditayangkan, BBC kebanjiran telepon yang menanyakan di mana persisnya acara panen itu dan dimana mereka bisa membeli pohon spaghetti! Heh…what next? Pohon nasi goreng?

Hari April Fools diduga mulai diperingati pada abad ke 16 di Perancis,. Menurut keterangan pada website USIS dulu awal tahun baru itu jatuh pada tgl 1 April. Cara merayakannya mirip dengan sekarang, dengan pesta, dansa dansi hingga pagi. Kemudian th 1562, Paus Gregory memperkenalkan kalender baru yang tahunnya diawali bulan Januari. Tetapi ada beberapa kalangan yang belum dengar atau tidak percaya adanya perubahan ini. Jadi mereka terus memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Orang2 inilah yang disebut April Fools atau secara harafiah berarti orang2 yang tertipu di bulan April.
Teori lain yang dimuat The Washington Post mengatakan tradisi ini dimulai pada jaman Romawi kuno, saat orang merayakan festival Ceres awal April. Ceres adalah dewi panen yang putrinya diculik Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.
Kebiasaan membohongi teman dan anggota keluarga ini, diduga menyebar dari Perancis, ke Inggris dan Skotlandia, lalu ke Amerika waktu terjadi emigrasi orang Eropa ke sana.
Di Perancis ,disebut Poisson d’avril atau ikan April. Mereka percaya ikan kecil itu gampang tertangkap atau tertipu.Di Skotlandia istilahnya April gowk, yang berarti burung tekukur yang disana melambangkan kepolosan. Di sana, April Fools Day malah diperingati selama dua hari. Hari kedua khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day. Oke2 aja kalau anda menempel tulisan “Kick Me” pada bokong teman anda.
Lain lagi di Inggris, kalau anda tertipu and disebut April noddie. Di Indonesia sendiri populer dengan nama April Mop. Dalam bahasa Belanda mop berarti kelakar.


1. Prepsektif Psikologi,  

Berbohong merupahkan sebuah aktivitas psikologis yang bersifat menekan atau merepres atau menyembunyikan sesuatu. Berbohong adalah sebuah perilaku maldaptif, yang menimbulkan rasa ketidakpuasaan secara psikologis. Pada dasarnya, dalam kondisi normal, tidak ada orang mau yang mau melakukan sebuah kebohongan. Kebohongan terjadi karena merasa ada ancaman dari luar, jika dia mengatakan apa yang sesungguhnya. 

Dari penjabaran diatas, kadar seseorang yang dikatakan normal jikalau tidak melakukan kebohongan. Kebohongan terjadi karena adanya ancaman dari luar. Bagaimana jikalau tidak ada ancaman dan hal-hal lain yang memberikan kesempatan untuk berbohong?. Bisa kita simpulkan adalah hal yang tidak normal. Bagaimana dengan orang yang berbohong? Dengan adanya tekanan psikologis karena merasa bersalah atau merasa was-was akan terjadi sesuatu, tubuh kita akan mendefeniskannya, dalam hal ini sistem neurotransmitter. Sistem syaraf akan melepaskan neurotransmitter yang sesuai dengan perasaan tadi. Sistem syarat yang bekerja pada pada saat berbohong sama dengan sistem syaraf kita pada saat marah. Sedangkan salah satu hal yang membuat kita cepat tua adalah marah.

Kesimpulannya :
Ada kesamaan yang terjadi ketika seseorang melakukan kebohongan marah, karena sistem syaraf akan melepaskan neurotransmitter.
2. Prespektif Sosial.

Nyaris semua panduan moral, baik yang berasal dari ajaran agama, adat maupun konvensi bersama, menyebutkan bahwa kebohongan sebagai perilaku tidak bermoral. Tidak ada yang menganjurkan kebohongan. Bentuk masyarakat yang dicita-citakan setiap agama adalah bentuk masyarakat yang dipenuhi kejujuran. Akan tetapi jika kebohongan memang tidak bermoral, mengapa kebohongan sedemikian luas dilakukan? Jawaban yang bisa diberikan barangkali karena berbohong memang memberikan banyak manfaat kepada pelakunya.

Realita yang terjadi mengenai kebohongan, di ruang lingkup fakultas psikologi Universitas Negeri Makassar. Seorang Dosen memarahi mahasiswanya karena dibohongi dalam mengerjakan tugas. Reaksi dosen ini wajar, karena tidak sesuai dengan peraturan. 

Berbohong dapat merusak ukhwah/persaudaraan diantara kita, hubungan yang sudah lama dijalin dalam bingkai persahabat karena perilaku yang tidak normal ini akan menjadikan permusuhan. Pemukulan sering terjadi karena perilaku seseorang yang membohongi,

Kesimpulannya :
Berbohong di panduan moral tidak ditemukan sebagai hal yang dibolehkan. Perilaku ini dapat menimbulkan feedback yang negatif.

3. Prespektif Agama

Dalam hukum Islam, segala perbuatan yang merugikan orang lain baik secara materi ataupun non materi adalah haram. Dan secara khusus pula perbuatan menipu selain merugikan orang lain, dibahas secara terpisah dalam kategori akhlak mazmumah, yang apabila merambah tindak hukum pidana/jinayah maka akan mendapatkan sanksi hukuman yang setimpal. Misalnya : Menipu/berdusta terhadap tuduhan zina ( Qadzaf ) yang berakibat hukuman cambuk 80 kali dan tidak diterima kesaksiannya selamanya.

Tindakan penipuan mempunyai 2 segmen dari segi tujuannya :

1. Menipu untuk menjatuhkan/mengambil keuntungan terhadap korbannya, misalnya : seseorang menipu orang lain untuk mengambil hartanya. Ataupun menjatuhkan martabatnya dengan menuduh berbuat zina.

2. Menipu untuk mengambil keuntungan pada diri sendiri/meningkatkan popularitas diri, misalnya : membuat hadits palsu. Bahkan Rasulullah sendiri menyatakan dalam haditsnya yang diriwayatkan secara mutawatir :

من كذّب عليّ متعمّداً فليتبوّأ مقعده من النار


“Barang siapa yang sengaja berbohong/berdusta terhadapku (haditsku) maka siapkanlah tempat duduknya dari api neraka”.

April Mop yang banyak dilakukan orang pada dasarnya adalah lelucon dan tidak dimaksudkan untuk melukai orang secara sengaja, namun dampak yang dapat terjadi sangatlah besar.

Kesimpulan akhir tentang pembahasan april mop adalah keharaman perbuatan tersebut bagi umat muslim.

1. Karena itu adalah dusta. Dusta bukan bagian dari akhlak seorang beriman, tapi akhlak kaum munafiqin. Rasulullah saw bersabda, “Tanda orang munafik itu ada tiga, bila berbicara dia berdusta, bila berjanji dia ingkar, dan bila diberi amanah dia berkhianat.” Dalam hadits lain disebutkan, “Ada empat perkara bila semuanya berkumpul pada diri seseorang, maka dia adalah orang munafik murni. … salah satunya adalah dusta.”

2. Karena kedustaan akhlak yang bertolak belakang dengan keimanan. Rasulullah saw pernah ditanya apakah seorang mukmin bisa menjadi seorang pengecut? Rasulullah saw menjawab, ”ya.” Orang itu bertanya lagi, “Apakah ia bisa menjadi orang yang pelit?” Rasulullah saw menjawab, “ya.” Orang itu bertanya lagi, “Apakah ia bisa menjadi orang pendusta?” Rasulullah saw menjawab, “tidak.”

3. Dusta adalah pengkhianatan terhadap sahabat dan teman. Rasulullah saw bersabda, “Sebesar-besarnya pengkhianatan, sebesar-besarnya pengkhianatan, adalah jika engkau berbicara pada saudaramu dengan perkataan yang dia anggap engkau jujur, sedangkan engkau berdusta kepadanya.”

4. April Mop termasuk taqlid a’ma (mengikuti secara membabi buta), terhadap kebiasaan non Muslim. Kita sebagai umat yang dijadikan Allah swt sebagai umat pertengahan, dan menjadi saksi atas manusia tidak boleh mengikuti kebiasaan orang-orang non-Muslim melakukan kedustaan, kebohongan, keburukan. Kita tidak boleh mencampur antara yang baik dengan yang tidak baik.”

Jadi, Kesimpulan keseluruhan dari tulisan diatas dalam hal melakukan April Mop :

1. Melakukan hal yang diharamkan.
2. Ancaman Api neraka.
3. Berpotensi mendapatkan tonjokan.
4. Merusak Persahabatan.
5. Pemborosan Waktu.
6. Cepat tua.
7. Tasyabbuh 

Wallahu 'alam



0 komentar:

Poskan Komentar