Allah

468x60 ads

RAHMAT ARIES BLOG'S



Tips Mengatasi Cantengan.

Jika anda memiliki masalah pada kuku jari kaki maupun tangan anda di mana terdapat luka pada sela-sela kuku dengan kulit jari kaki / tangan anda, jangan biarkan hal ini berkelanjutan. Biasanya luka tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat sepanjang waktu & bahkan sepanjang hidup anda jika tidak segera diobati.


Cantengan disebabkan oleh pertumbuhan kuku baik pada jari jempol atau pun jari lainnya yang kurang baik sehingga menusuk kulit halus di samping kuku tersebut sehingga menimbulkan luka. Luka tersebut biasanya akan membengkak karena terinteksi kotoran & kuman di sekitarnya. Lambat laun luka tersebut akan terasa sangat sakit yang dapat merusak konsentrasi bahkan kepercayaan diri anda dapat terganggu.

Cara mengatasi & mengobati cantengan adalah melenyapkan bagian kuku yang menancap baik pada jempol maupun jari lain di kaki & tangan anda. Cara menghilangkan kuku yang menusuk kulit bisa anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain. Pastikan alat yang anda gunakan steril & aman seperti silet, gunting kuku, jarum, antiseptik, kapas, tisu, dsb sesuai kebutuhan anda. Setelah memotong bagian kuku yang menancap, anda bisa obati luka yang ada seperti biasa.

Sebelum memulai, anda harus siap secara mental dulu karena akan terasa sangat sakit yang mungkin bisa berhari-hari serta mengeluarkan sedikit darah & nanah. Namun rasa sakit itu akan terbayar dengan jari anda menjadi normal kembali. Pikirkanlah dulu teknik yang anda akan gunakan. Dalam proses tersebut mungkin akan memakan waktu lama, karena mungkin kuku yang menancap terdapat pada lokasi yang dalam & anda harus berusaha ekstra keras dengan tambahan rasa sakit. Jadi biasakanlah dengan rasa sakit yang ada sambil memikirkan masa depan yang cerah menanti anda.

Setelah kuku yang menusuk kulit berhasil anda angkat, selanjutnya obati luka yang membengkak serta luka baru yang mungkin anda buat ketika membuka jalan. Beri obat luka yang aman & bebas merkuri & biarkan tetap terbuka hingga sembuh. Mungkin pada awalnya menimbulkan rasa sakit yang tidak jauh berbeda dari awal sebelum membuang bagian kuku yang menancap, namun dalam beberaa hari ketika bengkak mulai menghilang, maka rasa sakit pun akan berkurang dan akhirnya akan menghilang.

Untuk pencegahan, pastikan anda memotong kuku dengan baik dengan tidak meinggalkan pola potongan yang tajam & berpotensi menimbulkan cantengan pada jari tangan maupun kaki yang baru. Bila sakit berlanjut, saya sangat sarankan hubungi dokter. Jika tidak mampu, datanglah ke puskesmas.

0 komentar:

Posting Komentar